OTAKU CEDAS

Tentang Villain dan Anti Hero

Mereka yang karib akan permainan kartu pastinya mengenal Joker cukup baik. “Wild card” tersebut memiliki kekuatan dalam satu permainan meja, dapat menjadi lawan maupun kawan bagi pemegangnya.

Jauh sebelum Joker menjadi tokoh antagonis terpopuler seperti saat ini, karakter tersebut sebenarnya lahir bukan untuk ‘berbuat jahat’. Sosok si gemar tertawa terinspirasi dari pelawak di taman hiburan, dari pemain pantomim sekaliber Charlie Chaplin, atau freak show yang populer di Inggris pada abad ke-16.

Di Gotham City, masyarakatnya mengidolakan Batman sebagai pelindung kota, maka apa jadinya Batman bila tidak punya musuh bebuyutan. Kota tidak berantakan begitu saja, ada aktor inteletual di balik semua itu. Itulah fungsi karakter Joker. Karna Joker-lah, Bruce Wayne terpanggil untuk berubah menjadi Batman atau karna Batman, sosok Joker ‘terpaksa hadir’ di tengah kota nan kelam itu?

Juga, Setelah film ‘Deadpool’ dan sekuelnya meraih sukses dan banyak penggemar, Sony merilis film spin-off ‘Venom’ yang dibintangi oleh Tom Hardy pada 2019. Film yang bertemakan anti-hero sebelumnya memang sudah pernah dibuat, seperti Spawn, Blade, dan The Punisher yang sayangnya kurang mendapat perhatian dari banyak orang.

Ada banyak macam super hero dan villain, tapi batas di antaranya sudah semakin kabur dan membingungkan! Jelas, pengertian mereka sudah ada yang pas.

tapi bagaimana dengan tokoh-tokoh yang tidak bisa digambarkan dengan satu istilah ini?

1.Pahami dulu makna hero

Hero sejatinya adalah pahlawan, seperti terjemahan aslinya. Seorang yang dielu-elukan karena berjasa besar bagi daerah, negara, atau bahkan dunia tersebut. Nah, apakah seorang pahlawan bisa menjadi jahat?

Bisa! Seorang pahlawan tulen bisa saja hidup dan mati membela kebajikan, tapi orang yang kebetulan menyelamatkan dunia juga bisa dianggap sebagai pahlawan, mau sengaja atau tidak. Makanya, banyak sekali cerita superhero yang menekankan siapapun bisa jadi pahlawan. Contoh dari tokoh sejenis ini adallah pahlawan super dari DC maupu Marvel, Naruto Uzumaki, Son Goku. Monkey D. Luffy pun juga bisa dianggap sebagai pahlawan meskipun ia adalah seorang bajak laut buron Pemerintahan Dunia. Kenapa? Luffy kerap membebaskan daerah kunjungannya dari kejahatan

2.Pahami juga istilah villain

Setelah melihat definisi hero di atas, sudah jelas apa definisi villain, bukan? Villain adalah tokoh-tokoh bermotivasi jahat yang jelas tidak tertarik untuk menyelamatkan dunia, namun justru ingin menghancurkannya!

Villain sendiri juga didefinisikan dengan keinginan mereka untuk memperoleh tujuan mereka, seperti menguasai dunia, dengan segala cara. Menjual jiwa mereka ke iblis pun bisa! Contoh-contoh villain yang sederhana tentu saja Madara Uchiha, Donquixote Doflamingo, dan Red Skull.

Kesamaan di antara tokoh-tokoh ini tentu karena mereka punya motivasi dan sadar melakukannya demi mencapai kehebatan dan kekuasaan yang lebih besar lagi! Nah, sudah siapkah kamu dengan istilah yang lebih rumit?

3. Anti-hero itu pahlawan, tapi nilai-nilainya berlawanan dengan pahlawan biasanya

Mungkin kamu juga sering mendengar istilah ini di dalam cerita hero dan villain, tapi apa sebenarnya makna dari anti-hero? Definisinya sedikit berbeda dengan seorang pahlawan tulen, tapi anti-hero juga sama-sama terhitung sebagai salah satu dari sekian banyak pahlawan, lho!

Anti-hero adalah pahlawan yang nilai-nilai dirinya berlawanan dengan apa yang diharapkan dari seorang pahlawan.

Kalau menyebut seorang hero, yang terbayang mungkin adalah Superman. Sosok yang moralnya bersih dan berhati baik.

Lalu anti-hero kebalikan dari itu. Mereka pada dasarnya masih ingin berbuat baik, namun mereka biasanya tidak memiliki nilai moral yang lurus. Kalau seorang hero masih ingin menegakkan hukum, si anti-hero bisa saja tidak ragu membunuhi target demi mencapai misinya.

Bisa jadi sang anti-hero adalah pembunuh bayaran, bisa jadi juga ia adalah seseorang yang sedang membalas dendam ke tokoh jahat di dunia itu, atau justru dia tidak sengaja menyelamatkan dunia.

Kalau dipikir-pikir, tidak semua juga tokoh anti-hero ini adalah Batman. Tokoh seperti Sasuke Uchiha juga menyelamatkan dunia meskipun ia menjadi musuh dunia ninja!

4.Sementara itu, anti-villain adalah hero yang tertunda

Anti-Villain adalah hero yang tertunda. Tokoh yang ini seringkali terdampar di sisi para penjahat dalam konflik hero dan villain meskipun sebenarnya, dia juga punya motif yang seringkali tidak salah dalam segala tindakannya!

Para anti-villain biasanya memiliki motivasi yang jelas dan bagus. Tapi mereka juga masih tega untuk melakukan tindakan yang terkesan jahat.

Masalahnya, karakter anti-villain kerap terpaksa menghadapi para tokoh utama meskipun tidak diinginkan. Atau justru malah sang tokoh utama adalah seorang penjahat yang mati-matian ingin ia hentikan, meskipun pada akhirnya tokoh-tokoh ini menggunakan cara yang dipertanyakan kemanusiaannya!

Tentunya, karena Char Aznable kebetulan bukan tokoh utama seri Gundam, jadi ia termasuk kategori ini. Pain juga ingin mewujudkan perdamaian abadi melalui perang berdarah dan Dr. Victor von Doom Marvel masa kini ingin menjaga keseimbangan dunia!

 5. Lalu ada juga hero antagonist, musuh yang justru baik

Loh kok ada hero antagonis, bukanya hero itu seharusnya kerakter putih? Karakter baik yang selalu dieluh-eluhkan oleh masayakarat umum? Juga, tadi ada anti-villain?  Ok sebelum itu mari aku luruskan dulu pengertian kalian tentang Antagonis dan viliant.

Seperti yang sudah aku bahas sebelumnya, “Villain adalah tokoh-tokoh bermotivasi jahat, penentang norma yang ada dimasyarakat luas dan jelas tidak tertarik untuk menyelamatkan dunia. Singkatnya tujuan mereka adalah untuk menyukseskan diri mereka dengan mengganggu masyarakat luas untuk mencapai tujuan mereka!”

“Antagonis bukan berarti dia adalah karakter jahat atau baik. Antagonis adalah karkater yang ada dan dibuat untuk menghalangi karakter utama”

Jadi “antagonis” bisajadi adalah “Hero” karna menghalangi niatan jahat sang karakter utama, sedangankan “Villain” akan selalu jahat di manapun dia di tempatkan. Seperti light yagami dari seris date note. Dia adalah “protagonist” sekaligus “villain” pada saat yang bersamaan. Ok lanjut ke pembahasan.

Pernahkah kamu melihat seorang tokoh menggunakan kekuatannya untuk tujuan baik, tapi rupanya ia adalah musuh sang tokoh utama?

Yak, ia adalah salah satu Hero Antagonist! Tokoh seperti ini umumnya terlihat seperti lawan yang harus dibasmi oleh jagoan serial favorit kita, tapi tentunya lama-lama ada yang salah dengan sosok tokoh tersebut.

Apa ia sungguh-sungguh ingin menghancurkan dunia seperti tindakannya? Atau justru ia sedang menyelamatkan dunia dari tangan sang tokoh utama?

Fujitora dan Smoker justru adalah tokoh Angkatan Laut yang justru lebih memegang nilai keadilan! Kalau tidak berurusan dengan bajak laut, Fujitora dan Smoker diperlihatkan sebagai pria baik-baik yang tidak akan menyakiti orang tak bersalah.

7. Tokoh utama tapi jahat? Dia adalah Villain Protagonist!

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Protagonist itu belum tentu karakter “Hero”. Villain Protagonist, berbeda dengan tokoh lainnya, justru adalah tokoh utama yang memang sedari awal berniat jahat! Yang menjadikan tipe yang satu ini lain dari pada yang lain adalah ketika kita justru diajak untuk melihat cerita dunia tersebut dari sudut pandang sosok yang satu ini.

Di mana biasanya kisah para pahlawan itu mempertontonkan sifat heroik tokoh utamanya, yang satu ini justru memperlihatkan sisi mengerikan sang tokoh utama! Sebagai contoh, Light Yagami juga merupakan salah satunya yang tidak menggunakan otot, tapi justru otak dan Death Note di tangannya!

×