Novel Terjemahan

Suka pedas? Berarti kamu Seorang M


Otaku Cerdas-

coba kamu ingat-ingat kembali, Dalam penjelasan yang kita terima di bangku sekolah, tak ada reseptor rasa pedas. Selain manis, asin, asam dan pahit kita kerap turut menyebutkan pedas dalam klasifikasi rasa.

Jika kamu masih ingat tentang sensor rasa yang berada di lidah, ingatlah baik-baik kembali tentang bagian lidah yang lebih peka akan rasa tertentu dibanding lainnya. Reseptor rasa manis berada di ujung, asin di samping, asam di tepi, dan pahit di bagian pangkal.

Pedas hanya merupakan suatu sensasi panas dan terbakar yang dirasakan ujung saraf lidah atau lebih dikenal sebagai papila. Rasa pedas sendiri yang sering ditimbulkan oleh cabai, disebabkan oleh senyawa capsaicin yang salah satunya terkandung dalam cabai. Capsaicin ini merupakan komponen yang menimbulkan rasa pedas. Ia merupakan anggota dari molekul vanilloid yang mengikat ke reseptor pada lidah, yaitu disebut subtipe reseptor vanilloid (VR) 1.

Saat berikatan dengan reseptor VR1, sensasi yang dihasilkan oleh molekul capsaicin adalah senssasi yang sama dengan yang akan disebabkan oleh panas. Proses tersebut menjelaskan rasa terbakar yang disebabkan oleh capsaicin. Eps seperinya saya sudah terlalu jauh. Gampangnya, rasa pedas tidak termasuk kedalam rasa tapi sensai rasa sakit, rasa pedas yang kuat juga melepaskan bete-endorfin dan adrenalin di otak kita. Yang mana keduanya bertangung jawap atas perasaan semangat dan bahagia. Inilah yang menyababkan pedas memiliki efek kecanduan.

masokisme

Bentuk masokisme memang sangat beragam, mulai dari menikmati penyiksaan saat bercinta hingga masokisme emosional yakni menikmati saat-saat perasaannya tersakiti. Ada pula bentuk masokisme yang dekat dengan keseharian, yakni sambal.

Namun sebagian ilmuwan memberikan pandangan berbeda mengapa orang suka pedas. Yang jelas bukan karena rasanya, sebab Pedas lebih digolongkan sebagai bentuk rasa nyeri.

Jika pedas merupakan bentuk rasa nyeri, maka menikmati sambal atau makanan pedas berarti menikmati rasa nyeri. Demikian juga, masokisme didefinisikan sebagai gangguan kejiwaan yang membuat orang menikmati rasa sakit, atau minimal kita yang tidak menganggapnya sebagai satu masalah.

×